Tips Segar Dan Bugar di Pagi Hari

Hai Mama,

Walaupun tidur lebih awal pada malam hari dan bangun cenderung lebih siang, tetapi Mama selalu merasakan kondisi bangun tidur masih dalam keadaan lemas, lesu, dan malas? Salah satu alasan mengapa hal itu terjadi salah satunya yakni di karenakan pola tidur dan kualitas tidur yang kurang tepat. Perlu Mama ketahui bahwa saat seseorang sedang tidur maka tubuh akan menumpuk hormon yang disebut dengan hormon kortisol, hormon ini kemudian akan dilepaskan sepanjang hari untuk membantu kita lebih berenergi dan bersemangat menjalani aktifitas di siang hari. Untuk kadar kortisol sendiri paling tinggi di pagi hari dan dalam keadaan sedikit di malam hari sehingga kita memerlukan tidur. Maka dari itulah seharusnya saat seseorang bangun dari tidur lebih berenergi dan bersemangat.

Nah, apabila Mama ingin termasuk ke dalam orang yang di sebut “morning person” atau yang bersemangat di pagi hari maka ikuti beberapa Tips Segar Dan Bugar di Pagi Hari berikut ini :

1. Usahakan Untuk Tidak Menggunakan Alarm

Apabila Mama termasuk ke dalam orang-orang yang sulit bangun tanpa bantuan alarm, mungkin ini akan menjadi sedikit hambatan. Tetapi jika setiap hari Mama harus bangun dengan bantuan alarm maka Mama pun akan terbangun dalam kondisi panik akibat bunyi alarm tersebut, dengan kondisi ini maka Mama akan mengeluarkan banyak kortisol sehingga energi Mama akan berkurang. Kalaupun  Mama memang harus selalu menggunakan alarm untuk membangunkan Mama maka sebaiknya pilih suara atau nada alarm yang lebih lembut supaya Mama tidak kaget saat terbangun.

2. Hindari Kegiatan Mematikan Alarm

Apabila Mama termasuk ke dalam orang-orang yang terbangun karena bunyi alarm dan kemudian maematikannya lalu tidur lagi maka Mama termasuk ke dalam orang-orang yang telah merusak periode tidur REM, yakni periode tidur yang paling penting. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya letakkan alarm agak jauh dari tempat tidur sehingga Mama pun terpaksa berdiri untuk mematikannya. Jadi setelah berdiri dan bangun, maka jangan langsung tidur lagi.

Untuk mensiasati Mama bangun dengan bantuan alarm maka ada baiknya jika membiasakan diri untuk selalu terbangun pada waktu yang sama walaupun tanpa bantuan alarm, maka dari itu Mama pun jangan tidur larut malam.

3. Mandi dengan Aroma Tertentu

Mandi pun akan menjadi bagian penting dalam menjalani aktifitas sehari-hari. Dengan siraman air dingin yang menyegarkan akan membuat Mama lebih fresh sehingga akan membantu membangkitkan energi dan mood. Selain itu saat mandi gunakan juga sabun beraroma tertentu yang tentunya akan menambah semangat Mama seperti aroma peppermint, citrus, atau rosemary.

4. Sarapan Tepat

Langkah penting lainnya yakni dengan sarapan dengan menu makanan karbohidrat sehat. Hal ini berguna untuk meningkatkan level serotonin, yakni suatu zat kimia yang punya efek menenangkan. Contoh makanan berkarbhidrat sehat seperti oat dengan irisan buah, bubur ayam lengkap, roti gandum dan lain sebagainya.

5. Gunakan Warna Cerah

Agar Mama menjadi lebih segar dan cerah sepanjang hari maka tidak ada salahnya jika melakukan hal baru seperti dengan mengganti kemeja favorit yang sebagian besar bernuansa gelap menjadi warna-warna cerah yang akan membangkitkan mood. Karena warna cerah seperti merah, kuning, atau pink, dipercaya baik untuk menstimulasi otak.

Demikianlah tadi beberapa Tips Segar Dan Bugar di Pagi Hari yang patut Mama coba. Semoga dapat bermanfaat, selamat mencoba!

Related Posts

14 Makanan Yang Dapat Mengatasi Masalah Tidur Mama

14 Makanan Yang Dapat Mengatasi Masalah Tidur Mama

Hai Mama, Sebanyak 35% orang dewasa mengalami masalah tidur, mendapatkan tidur yang cukup tentu akan menguntungkan diri kita, mulai dari suasana hati hingga sistem kekebalan tubuh mama,…

Terapi Aneka Jus Buah untuk Rematik

Terapi Aneka Jus Buah untuk Rematik

Hai Mama, Apakah Mama salah satu penderita rematik dari jutaan orang didunia? Rematik merupakan penyakit yang sering diderita hampir semua orang dewasa di seluruh dunia. Penyakit rematik…

Tips Diet Aman Untuk Mama Yang Sedang Menyusui

Tips Diet Aman Untuk Mama Yang Sedang Menyusui

Hai Mama, Banyak ibu menyusui bertanya-tanya apakah makanan yang mereka makan akan mempengaruhi ASI mereka. Mungkin Anda bertanya-tanya apakah perlu menghindari makanan tertentu untuk mencegah masalah pencernaan…

Pengertian dan Fungsi Protein yang Perlu Mama Ketahui

Pengertian dan Fungsi Protein yang Perlu Mama Ketahui

Hai Mama, Seperti halnya lemak dan karbohidrat, protein merupakan sumber energi utama yang sangat vital bagi tubuh. Sebagai salah satu jenis nutrisi, protein adalah senyawa organic kompleks…

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan

Hai Mama! Mentimun atau yang juga biasa disebut dengan timun merupakan buah yang dihasilkan oleh tanaman merambat yang memiliki nama ilmiah Cucumis Sativus L. Buah yang banyak…

Manfaat Luar Biasa dari Bawang Bombai Bagi Kesehatan

Manfaat Luar Biasa dari Bawang Bombai Bagi Kesehatan

Hai Mama! Banyak yang memilih untuk mengkomsumsi apel sebagai menu tambahan kesehatan biar jarang ke rumah sakit dan jarang ke dokter. Ibarat pepatah mencegah lebih baik daripada…

Leave a Reply

Your email address will not be published.