Tips dan Cara Mengatasi Rambut Yang Bercabang

Hai Mama,

Memiliki rambut bercabang memang merupakan masalah tersendiri. Rambut menjadi lebih kasar dan nampak tidak terawat. Padahal perawatan sudah dilakukan maksimal namun rambut bercabang tak kunjung teratasi. Bisa jadi perawatan yang dilakukan kurang tepat sehingga rambut bercabang tetap muncul. Sebenarnya mengatasinya tidak memerlukan cara yang rumit, dengan beberapa tips sederhana berikut ini saja Mama bisa mendapatkan rambut yang bebas cabang serta lembut alami.

Rambut bercabang identik dengan rambut kering. Maka dari itu salah satu kunci perawatannya dengan memilih produk perawatan rambut atau bahan alami yang memiliki sifat melembabkan. Selain itu pilih perawatan yang berfungsi menghaluskan dan mampu meregenerasi pertumbuhan rambut. ada banyak tips sederhana yang bisa membantu mengatasi rambut bercabang. Berikut beberapa ulasan tips sederhananya untuk mengatasi rambut bercabang.

Beberapa Tips Mengatasi Rambut Bercabang

1. Hindari panas dan pengaruh buruk lingkungan

Terik matahari dan polusi dampaknya bisa merusak dan memperparah rambut Mama. apalagi jika rambut Mama adalah jenis rambut bercabang. Lindungi rambut Mama dengan pelindung jika keluar dalam situasi terik. Jika memungkinkan gunakan topi atau payung ketika keluar rumah, atau berbagai jenis penutup rambut lainnya.

2. Cukupi kebutuhan nutrisi rambut

Rambut memerlukan asupan nutrisi yang cukup. Seperti omega 3, zinc, vitamin A, dll. Nutrisi tersebut sangat baik merawat rambut agar sehat dan tidak mudah bercabang. Omega 3 bermanfaat membantu regenerasi rambut sehingga rambut bercabang bisa diatasi. Konsumsi makanan-makanan yang mengandung nutrisi tersebut antara lain bayam, kerang, kacang-kacangan, dll.

3. Gunakan pelembab rambut

Rambut bercabang identik dengan rambut kering. Ia memerlukan pelembab yang bermanfaat merawat kesehatan permukaan rambut. pelembab ambut ini bisa didapat dari bahan alami atau serum khusus rambut. misalnya saja minyak zaitun. Minyak zaitun cocok untuk perawatan rambut sekaligus mampu melembabkan rambut secara alami. lakukan perawatan dengan pelembab ini setidaknya 1 kali seminggu.

4. Memotong ujung rambut

Cara yang satu ini terbukti efektif mengatasi rambut bercabang secara efektif. Jika Mama memiliki rambut lebat biasanya rambut bercabang kerap dijumpai diujung rambut. potonglah ujung rambut secara berkala demi menghindari kerusakan parah. Lakukan secara rutin 6-8 minggu sekali. Gunakan gunting khusus untuk memotong ujung rambut yang sesuai dengan jenis rambut Mama.

5. Gunakan serum atau spary pelindung panas

Sinar matahari menyebabkan rambut lebih mudah rusak dan bercabang. Untuk melindunginya cobalah menggunakan serum atau spray yang bermanfat melindungi Mama dari panas. Banyak produk serum khusus rambut bercabang. Perawatan ini berfungsi memaksimalkan perawatan rambut agar tidak mudah rusak walaupun sering terpapar sinar matahari.

6. Menyisir rambut dengan lembut

Mama mungkin tidak sadar seberapa kuat kita saat menyisir rambut. Mungkin ada banyak ikatan rambut yang harus dilepas dengan lembut. Usahakanlah jangan sampai menyisir rambut dengan terlalu kuat.

Menarik rambut terlalu kuat dapat menyebabkan kerusakan rambut yang lebih parah dan  memicu rambut menjadi bercabang. Selain itu, pakailah sisir yang bergigi jarang untuk menyisir rambut Mama.

7. Jangan memakai alat penata rambut terlalu sering

Bagi Mama yang sering memakai alat penata rambut, seperti catokan, hair dryer, ataupun alat pengeriting rambur, Mama sebaiknya perlu waspada.

Penggunaan catokan dan hair dryer terlalu sering dapat menimbulkan rambur bercabang.

Suhu panas berlebihan yang dikeluarkan oleh hair dryer dapat merusak lapisan rambut paling luar ( kutikula) sehingga menyebabkan kelembapan pada rambut akan menghilang.

Kurangilah penggunaan alat-alat diatas agar rambut Mama menjadi lebih sehat.

Itulah beberapa tips mengatasi rambut bercabang. Cobalah melakukan rangkaian perawatan diatas agar rambut bercabang bisa diatasi secara mudah. selamat mencoba.

Related Posts

Tips Menghilangkan Garis Halus Di Sekitar Pipi

Hai Mama, Garis halus tak hanya muncul di area sekitar mata namun bisa terdapat di area pipi. Senyum memang dapat menyebabkan garis halus pada wajah yang biasa…

Tips dan Trik Merawat Rambut Pendek Dengan Mudah

Tips dan Trik Merawat Rambut Pendek Dengan Mudah

Hai Mama, Saat ini, model rambut pendek tengah menjadi trend yang banyak diminati sebagian orang. Selain untuk mengatasi gerah akibat cuaca yang panas, rambut pendek juga dapat…

Penyebab Bibir Hitam Dan Solusinya

Penyebab Bibir Hitam Dan Solusinya

Hai Mama, Salah satu hal yang menggangu penampilan adalah memiliki bibir hitam. Memang warna alami bibir saat ini bisa ditutupi dengan lisptik. Namun tidak selamanya kita tergantung…

Masker Alami Untuk Mengatasi Wajah Berjerawat

Masker Alami Untuk Mengatasi Wajah Berjerawat

Hai Mama, Wajah yang berjerawat merupakan salah satu masalah yang menjadi hal yang menyebabkan rasa percaya diri Mama berkurang. Banyak cara untuk membantu dalam mengatasi wajah yang berjerawat…

Masker Alami Untuk Mencerahkan Wajah

Masker Alami Untuk Mencerahkan Wajah

Hai Mama, Menggunakan masker dengan bahan alami tak jarang digunakan sebagai pilihan utama. Hasil yang dinginkan terbukti lebih memuaskan ketimbang penggunaan bahan kimia. Ditambah kulit wajah akan…

Cara Tampil Lebih Cantik Secara Alami

Cara Tampil Lebih Cantik Secara Alami

Hai Mama, Tentu mama pasti menyukai sebuah rutinitas untuk memanjakan diri mama. Menutrisi kulit kita dengan serum kaya lidah buaya dan minyak herbal membuat kulit kita lebih…

Leave a Reply

Your email address will not be published.