Tempat Rekreasi Populer di Samosir

Hai Mama,

Mama sedang mencari hal menarik yang dapat dilakukan di Pulau Samosir? Pas sekali, karena kali ini kami akan mengupas tuntas semua hal yang menyenangkan yang dapat dilakukan di Pulau Samosir!.

Samosir, atau Pulau Samosir, adalah pulau vulkanik besar di tengah Danau Toba, yang terletak di sebelah utara pulau Sumatera di Indonesia. Pulau Samosir terdiri dari 9 kecamatan, dan 6 kelurahan. Danau dan pulau itu terbentuk setelah letusan super volcano sekitar 75.000 tahun yang lalu.

Samosir adalah pulau yang berada di dalam pulau, yang juga merupakan pulau danau terbesar nomor lima di dunia loh mama. Yuk langsung saja kita bahas!.

Sebelum Menyebrang ke Pulau Samosir

1. Air Terjun Efrata

Efrata adalah salah satu air terjun terindah di Sumatera & harus dikunjungi sebelum mama menyebrang ke Pulau Samosir. Air terjun disini biasanya tidak terlalu ramai pengunjung sehingga membuat tempat ini terasa tenang dengan udara segar & lingkungan yang indah. Tidak hanya itu, mama juga dapat menikmati panorama indah sepanjang perjalanan ke air terjun Efrata, mama akan menemukan banyak spot keren untuk berfoto selfie atau dengan keluarga. Untuk biaya masuk orang dewasa adalah Rp.8.000 per orang, sedangkan tiket untuk anak-anak tidak dipungut biaya. Air terjun Efrata mulai dibuka mulai pukul 06.00 hingga 19.00.

2. Bukit Holbung

Bukit Holbung atau yang juga sering disebut Bukit Teletubbies terletak di desa Holbung, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara. Bukit Holbung terkenal dengan pemandangan dan lingkungan yang sangat bersih yang akan membuat mama merasa ingin tetap berada disana dan malas untuk pulang. Untuk mencapai puncak di bukit Holbung hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Mama dapat menikmati pemandangan indah Danau Toba dari puncak Bukit Holbung. Bukit Holbung juga sangat cocok untuk camping lho!, membangun tenda dan melakukan pesta berbeque, di malam harinya mama dan sekeluarga bisa memandangi bintang-bintang di langit, dan jangan lupa untuk bangun lebih awal untuk melihat matahari terbit yang akan memukau mama.

3. Air Terjun Sipiso Piso

Air terjun Sipiso Piso berada di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo. Air Terjun Sipiso Piso adalah air terjun indah dengan tinggi lebih dari 390 kaki di Sumatera, yang juga salah satu air terjun tertinggi di Indonesia.

Air terjun Sipisio-Piso dikelilingi oleh persawahan dan pemandangan dataran tinggi. Ini adalah tempat yang harus mama kunjungi jika mama akan berlibur ke Samosir. Ada banyak pemandangan indah di sepanjang jalan menuju ke pusat air terjun, tetapi hal yang paling menakjubkan adalah melihat air terjun itu sendiri dari jarak yang dekat. Setelah sampai, mama dapat berjalan ke tepi air terjun, dan merasakan hembusan angin dan cipratan air yang hebat!, tapi mama tidak boleh terlalu dekat dengan air terjunnya ya ma!, karena terjangan dari air terjun Sipiso Piso sangatlah kuat. Biasa masuk per orang 5.000 sedangkan biaya parkirnya juga 5.000.

4. Mengaggumi Keindahan Kebun Bunga Sapo Juma Tongging

Lokasi Kebun Bunga Sapo Juma Tongging berdekatan dengan Air Terjun Sipiso Piso yaitu hanya berjarak 900 meter. Bayangkan mama berada disebuah taman yang sangat besar yang hanya di kelilingi warna-warni bunga yang cantik. Ditambah dengan latar belakang keindahan Danau Toba. Tempat ini adalah spot paling favorit dikalangan wanita untuk berburu foto dan diunggah ke status sosial media mereka. Jika mama juga menginap, mama tidak akan dipungut biaya tiket untuk masuk ke kebun bunga ini, namun jika mama hanya ingin mampir lalu melanjutkan perjalanan, mama akan dikenakan biaya sebesar Rp.20.000 per orang.

Saat Berada Di Pulau Samosir

  1. Gerakkan Tubuh Mama Dengan Tarian Batak Di Museum Batak

Cara super untuk merangkul Budaya Batak setempat adalah dengan menggerakan tubuh mama dengan tarian tradisional Batak. Mama bisa melakukan ini dengan mengunjungi Museum Batak di Ambarita, dimulai dari pukul 10.30 pada hari Senin sampai Sabtu. Disini mama akan diajak menari bersama oleh penduduk warga setempat.

Sebagai informasi, Bagus Bay Homestays juga menyelenggarakan pertunjukan tari Batak setiap Rabu & Sabtu mulai dari pukul 20.30 waktu setempat.

2. Pantai Parbaba, Pantai Berpasir Putih

Pantai Parbaba terletak di Desa Hutabolon, Kecamatan Panguruan. Pantai ini tidak berada di tepi laut lho mama!. Pantai ini adalah bagian dari Danau Toba. Sesuai namanya, pantai ini berpasir putih, air di pantai ini juga sangat tenang sehingga relatif aman untuk mama dan sekeluarga jika ingin melakukan aktivitas air seperti, berenang, banana boat, sepeda air, dsb. Pantai ini merupakan salah satu pantai favorit di Samosir, karena banyak berbagai fasilitas yang berdekatan dengan pantai ini.

3. Olahraga Paralayang di Siulak Hosa

Paralayang adalah olahraga menantang yang patut dilakukan selama berlibur Samosir. Tiada hal paling seru selain terbang bebas sambil menganggumi pemandangan indah Danau Toba. Takut dengan ketinggian?, tenang saja mama, karena mama akan ditemani dan dipandu oleh seorang guide, namun jika pasangan mama adalah seorang yang mudah cemburu, mama dapat menyarankan pasangan mama untuk terbang terlebih dahulu heheheh.

4. Melihat Danau di Atas Danau

Melihat danau di Atas danau bukanlah fenomena yang biasa, yap itu adalah Danau Sidihoni. Danau ini terkenal dengan pemandangannya yang indah dan beberapa spot untuk camping.

Jika mama ingin aktivitas yang sedikit lebih santai, tempat ini cocok untuk mama. Kami menyarankan mama untuk menyewa sepeda atau skutter lalu berkeliling di sekitar danau sambil menikmati pemandangan alam.

5. Berenang di Air Terjun Bukit Gibeon

Tempat rekreasi air yang satu ini ini cukup unik, karena penempatan kolam renang yang tidak biasa. Jika mama ingin memanjakan buah hati disinilah tempat yang tepat. Airnya jernih dan dingin sehingga cocok untuk menyegarkan diri. Jika mama kurang menyukai kolam yang dipenuhi orang-orang, kami menyarankan untuk mengunjungi tempat ini sebelum memasuki jam padat. Sehingga mama dan sekeluarga bisa puas bermain dan berenang. Namun perlu diingat bahwa disini tidak ada kolam renang untuk anak dibawah 5 tahun, jadi mama harus mengawasi si kecil saat mereka berenang.

6. Bersantai di Pantai Sipinggan

Walau kecil, pantai ini lebih jauh lebih tenang daripada pantai Parbaba. Air  Ada sebuah dekorasi besar berbentuk hati yang cocok untuk berfoto bersama pasangan mama. Pantai ini cocok digunakan untuk bersantai sambil menyantap snack seperti gorengan dan mie cup siap saji. Jika mama adalah seorang yang aktif di instagram, tempat ini cocok untuk menambah koleksi foto mama. Mama juga dapat menyewa jetski untuk olahraga air yang menantang, namun sepertinya persewaan jetskit ditutup selama pandemi berlangsung.

7. Berenang di Danau Toba.

Berenang di Danau Toba secara alami adalah salah satu hal paling populer untuk dilakukan di Pulau Samosir, namun mama pastikan terlebih dahulu untuk memeriksa bahwa itu aman atau tidak sebelum menyelam.

Untuk lebih amannya, ada beberapa tempat di TukTuk yang memiliki tempat aman untuk berenang. Tabo German Bakery adalah salah satunya, dan mama tidak hanya bisa berenang tetapi mama juga dapat melihat pemandangan sekitar yang sangat menakjubkan.

Jika mama ingin berenang di tempat yang lebih berprivasi, mama bisa menginap di wisma atau hotel yang memiliki area pribadi untuk berenang di Danau Toba, seperti Horas Family Home dan Judita Cottage.

Beberapa tempat diatas mungkin ditutup selama pandemi, mama dapat menelpon masing-masing tempat wisata diatas untuk memeriksa apakah mereka dibuka atau tidak.

Selamat liburan mama!

Related Posts

10 Kegiatan di Lombok Yang Tidak Boleh Sampai Mama Lewatkan

10 Kegiatan di Lombok Yang Tidak Boleh Sampai Mama Lewatkan

Hai Mama, Liburan tahun ini mau kemana? Pasti mama merasa bosan dengan kehidupan konstan di dalam rumah selama hampir 2 tahun karena pandemi-kan? Untungnya dunia cepat menanggapi…

Leave a Reply

Your email address will not be published.