Penyebab Bibir Hitam Dan Solusinya

Hai Mama,

Salah satu hal yang menggangu penampilan adalah memiliki bibir hitam. Memang warna alami bibir saat ini bisa ditutupi dengan lisptik. Namun tidak selamanya kita tergantung dengan lisptik. Justru penggunaan pewarna bibir ini secara terus menerus akan berdampak buruk dan memperparah kondisi bibir Mama. maka dari itu Mama wajib tahu apa saja penyebab bibir hitam berikut dengan solusinya. Dengan mengetahui penyebabnya tentu Mama bisa mencegah agar pigmentasi bibir tidak semakin parah.

Selan itu bibir yang menghitam juga bisa diatasi dengan bahan-bahan alami semisal jeruk lemon, madu, dan bahan lainnya yang kaya vitamin C. Sel kulit mati penyebab bibir berwarna gelap ini akan terkikis dan digantikan dengan sel kulit baru yang membuat warna bibir menjadi cerah alami. maka dari itu kenali terlebih dulu penyebab bibir hitam dan cobalah solusinya untuk mengatasi masalah bibir tersebut. selengkapnya untuk penyebab dan solusi mengatasi bibir hitam bisa Mama ketahui berikut ini.

Berbagai Penyebab Bibir Hitam

1. Efek sinar matahari

Selain menyebabkan noda hitam, efek buruk sinar matahari bisa membuat bibir menghitam. Paparan sinar matahari akan membuat sel kulit mati menumpuk di area bibir sehingga terlihat menghitam. Selain itu efek buruk lainnya bisa membuat bibir menjadi mengering dan pecah-pecah.

2. Merokok

Merokok juga membuat bibir menjadi menghitam. Pasalnya didalam rokok terkandung nikotin yang bisa membuat pigmentasi bibir kian menebal. Selain itu dampaknya juga tidak baik bagi kesehatan bibir. Selain menghitam, area tersebut menjadi pecah-pecah, kering.

3. Konsumsi minuman kaya kafein

Minuman dengan kafein tinggi seperti kopi dan teh merupakan penyebab lainnya bibir menghitam. Kafein membuat warna bibir menghitam karena mempercepat pigmentasi. Regenerasi sel kulit juga terhambat karena efek buruk kafein. Mama bisa mengurangi konsumsi teh atau kopi dan menggantinya dengan banyak minum air putih.

4. Efek samping konsumsi obat tertentu

Seseorang yang sakit dan mengonsumsi obat tertentu biasanya akan mendapatkan efek samping. Salah satunya area bibir yang menghitam. Hal ini bisa terjadi jika si pasien mengonsumsi obat dalam dosis tinggi. Apalagi jika kasusnya tubuh terasa tidak cocok dengan asupan obat tersebut maka bibir pun akan semakin menghitam.

5. Kehamilan

Ternyata kehamilan juga bisa menyebabkan bibir hitam lho Sebagian ibu hamil akan mengalami perubahan pada kulit yang disebabkan oleh perubahan hormon tubuh. Namun Mama tidak perlu Khawatir, umumnya warna kulit akan kembali seperti semula setelah masa kehamilan.

Solusi Mengatasi Bibir Hitam

1. Lemon dan madu

Kedua bahan alami ini adalah solusi tepat untuk mengatasi bibir hitam. Kandungan vitamin C dan antioksidantnya mampu menghambat pigmentasi dan mempercepat regenerasi sel kulit mati. Oleskan campuran air perasan lemon dan madu. Setelah mengering sekitar 1 jam, bilas dengan air hangat hingga bersih.

2. Minyak almond

Alternatif selanjutnya bisa dengan minyak almond. Kandungan alami pada minyak almond tak hanya mencerahkan bibir saja namun melembabkannya secara alami. aplikasikan minyak tersebut ke area bibir secara merata. Lebih baik lagi jika digunakan sebelum tidur untuk mendapatkan hasil maksimal.

3. Jus mentimun

Jus mentiumun bisa menjadi pilihan untuk merawat bibir dari dalam. Konsumsi jus mentimun secara teratur. Selain memiliki banyak kandungan air untuk mencegah dehidrasi, jus mentimun juga bermanfaat mencerahkan dan melembabkan bibir secara cepat. minumlah jus mentimun minimal 2 kali sehari untuk memaksimalkan perawatan.

Nah, itu dia apa saja penyebab bibir hitam sekaligus solusinya. Semoga membantu Mama dalam mencegah bibir hitam dan mengatasinya.

Related Posts

Tips Menghilangkan Garis Halus Di Sekitar Pipi

Hai Mama, Garis halus tak hanya muncul di area sekitar mata namun bisa terdapat di area pipi. Senyum memang dapat menyebabkan garis halus pada wajah yang biasa…

Tips dan Trik Merawat Rambut Pendek Dengan Mudah

Tips dan Trik Merawat Rambut Pendek Dengan Mudah

Hai Mama, Saat ini, model rambut pendek tengah menjadi trend yang banyak diminati sebagian orang. Selain untuk mengatasi gerah akibat cuaca yang panas, rambut pendek juga dapat…

Penyebab Bibir Hitam Dan Solusinya

Tips dan Cara Mengatasi Rambut Yang Bercabang

Hai Mama, Memiliki rambut bercabang memang merupakan masalah tersendiri. Rambut menjadi lebih kasar dan nampak tidak terawat. Padahal perawatan sudah dilakukan maksimal namun rambut bercabang tak kunjung…

Masker Alami Untuk Mengatasi Wajah Berjerawat

Masker Alami Untuk Mengatasi Wajah Berjerawat

Hai Mama, Wajah yang berjerawat merupakan salah satu masalah yang menjadi hal yang menyebabkan rasa percaya diri Mama berkurang. Banyak cara untuk membantu dalam mengatasi wajah yang berjerawat…

Masker Alami Untuk Mencerahkan Wajah

Masker Alami Untuk Mencerahkan Wajah

Hai Mama, Menggunakan masker dengan bahan alami tak jarang digunakan sebagai pilihan utama. Hasil yang dinginkan terbukti lebih memuaskan ketimbang penggunaan bahan kimia. Ditambah kulit wajah akan…

Cara Tampil Lebih Cantik Secara Alami

Cara Tampil Lebih Cantik Secara Alami

Hai Mama, Tentu mama pasti menyukai sebuah rutinitas untuk memanjakan diri mama. Menutrisi kulit kita dengan serum kaya lidah buaya dan minyak herbal membuat kulit kita lebih…

Leave a Reply

Your email address will not be published.