Pengertian dan Fungsi Protein yang Perlu Mama Ketahui

Hai Mama,

Seperti halnya lemak dan karbohidrat, protein merupakan sumber energi utama yang sangat vital bagi tubuh. Sebagai salah satu jenis nutrisi, protein adalah senyawa organic kompleks yang mengandung hidrogen, oksigen, karbon fosfor, dan nitrogen. Istilah protein itu sendiri berasal dari Bahasa Yunani “proteios” yang artinya “yang pertama” atau “yang terpenting”. Ya, protein memang zat penting yang terkandung dalam makanan dan terdiri dari 20 – 24 asam amino.

Kebutuhan manusia akan protein tak dapat disepelekan. Kekurangan protein dalam tubuh manusia akan mengundang beberapa masalah dan penyakit seperti rambut rontok, perubahan warna kulit, pertumbuhan tidak maksimal, kekurangan cairan, kerusakan pada liver, dan gangguan pencernaan. Nah, melihat efek yang ditimbulkan apabila kekurangan protein dan betapa pentingnya Fungsi Protein bagi tubuh, sudah barang tentu asupan protein yang cukup dalam tubuh menjadi hal yang tak terelakkan.

Fungsi dan Manfaat Protein dalam Kehidupan Sehari-hari

Selain sebagai sumber energi utama, protein berfungsi membentuk otot dan sel-sel di dalam tubuh. Dari protein inilah, otot mendapatkan asupan makanan agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Pada akhirnya, otot dapat membantu tubuh melalui pembakaran lemak secara maksimal. Protein berfungsi juga sebagai zat pembangun, memperbaiki sel-sel yang telah rusak atau aus dan menggantinya dengan sel-sel yang baru.

Dalam ilmu gizi, protein adalah kelompok makronutrisi berbentuk senyawa asam amino yang memiliki fungsi sebagai pembangun dan pendorong metabolisme tubuh. Protein juga dapat bermanfaat untuk antibodi, memaksimalkan mekanisme pertahanan tubuh dan melindunginya dari mikroba dan zat beracun. Kolagen merupakan salah satu protein yang berbentuk serabut mampu menjaga kekuatan, daya tahan kulit dan tulang. Fungsi lain protein yaitu, sebagai sistem kendali yang terwujud dalam bentuk hormone tubuh.

Sumber Protein yang Dihasilkan Dari Makanan

Protein tersebut tidak muncul dengan sendirinya, melainkan melalui makanan yang kita konsumsi. Makanan yang mengandung protein adalah suatu kebutuhan utama untuk menghasilkan tubuh yang sehat dan segar. Kadar dan Fungsi Protein pada setiap makanan berbeda-beda. Menurut sumbernya protein diabgi menjadi dua jenis, yaitu sumber protein nabati dan hewani.

Sumber protein hewani berasal dari daging hewan, organ tubuh hewan bagian dalam seperti hati, ginjal, paru, jantung, jeroan, dan pankreas. Yang tergolong jeroan, misalnya babat dan usus. Telur dan susu juga merupakan sumber protein hewani yang disukai oleh masyarakat dan sering disantap untuk sarapan pagi atau sebagai pendamping karbohidrat seperti nasi.

Memelihara dan Membangun Jaringan Tubuh Kita

Protein sebagai zat gizi yang terbentuk dari asam amino berfungsi untuk memelihara dan membangun setiap jaringan yang ada didalam tubuh. Walaupun demikian, Jumlah protein yang mampu diserap oleh tubuh untuk kegiatan tersebut sangat bergantung pada tingkat kesehatan kita.

Itulah mengapa, Mama sangat disarankan untuk mencukupi asupan protein selama masa pemulihan setelah sakit. Bagi Ibu yang sedang hamil ataupun menyusui, protein tentu akan juga sangat dibutuhkan dalam jumlah yang lebih besar.

Tubuh yang mengalami kekurangan protein akan berpotensi besar menyebabkan malnutrisi. Tubuh yang mengalami malnurtrisi akan menjadi mudah sakit, anemia. Dan jika hal ini terjadi pada buah hati kita maka pertumbuhan si kecil bisa menjadi terhambat hingga mengalami marasmus.

Nah demikianlah tadi beberapa Fungsi Protein yang sangat penting bagi tubuh kita. Selain dari hewan, terdapat sumber protein nabati yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Contohnya, jenis kacang-kacangan atau biji-bijian dan kentang. Semoga ulasan diatas dapat menjadi referensi bermanfaat, salam sehat selalu !

Related Posts

14 Makanan Yang Dapat Mengatasi Masalah Tidur Mama

14 Makanan Yang Dapat Mengatasi Masalah Tidur Mama

Hai Mama, Sebanyak 35% orang dewasa mengalami masalah tidur, mendapatkan tidur yang cukup tentu akan menguntungkan diri kita, mulai dari suasana hati hingga sistem kekebalan tubuh mama,…

Tips Segar Dan Bugar di Pagi Hari

Tips Segar Dan Bugar di Pagi Hari

Hai Mama, Walaupun tidur lebih awal pada malam hari dan bangun cenderung lebih siang, tetapi Mama selalu merasakan kondisi bangun tidur masih dalam keadaan lemas, lesu, dan…

Terapi Aneka Jus Buah untuk Rematik

Terapi Aneka Jus Buah untuk Rematik

Hai Mama, Apakah Mama salah satu penderita rematik dari jutaan orang didunia? Rematik merupakan penyakit yang sering diderita hampir semua orang dewasa di seluruh dunia. Penyakit rematik…

Tips Diet Aman Untuk Mama Yang Sedang Menyusui

Tips Diet Aman Untuk Mama Yang Sedang Menyusui

Hai Mama, Banyak ibu menyusui bertanya-tanya apakah makanan yang mereka makan akan mempengaruhi ASI mereka. Mungkin Anda bertanya-tanya apakah perlu menghindari makanan tertentu untuk mencegah masalah pencernaan…

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan

Hai Mama! Mentimun atau yang juga biasa disebut dengan timun merupakan buah yang dihasilkan oleh tanaman merambat yang memiliki nama ilmiah Cucumis Sativus L. Buah yang banyak…

Manfaat Luar Biasa dari Bawang Bombai Bagi Kesehatan

Manfaat Luar Biasa dari Bawang Bombai Bagi Kesehatan

Hai Mama! Banyak yang memilih untuk mengkomsumsi apel sebagai menu tambahan kesehatan biar jarang ke rumah sakit dan jarang ke dokter. Ibarat pepatah mencegah lebih baik daripada…

Leave a Reply

Your email address will not be published.