Melatih Anak Kecil Menggunakan Kamar Kecil

Hai Mama!

Orang tua seringkali mencoba mendidik anak kecil untuk dapat menggunakan kamar kecil ketika anak hendak buang air. Latihan seperti ini ada kalanya berhasil dan adakalanya menyulitkan anak sehingga mereka merasa terpaksa atau tertekan. Latihan seperti ini memang lebih sulit daripada latihan-latihan tentang hal-hal yang umum seperti duduk di kursi, berjalan dan lainnya.

Melatih Anak Kecil Menggunakan Kamar Kecil berhubungan dengan kemampuan anak menahan keinginan ketika buang air kecil dan melepaskan keinginan tersebut pada tempatnya yaitu kamar kecil. Apabila orang tua menekankan latihan seperti ini sebagai suatu keharusan pada anak, kemungkinan besar anak akan merasakan suatu perjuangan yang sulit karena masalah buang air kecil pada anak ada hubungannya dengan kemampuan anak mengasai rasa penuh pada kantong kemihnya dan hal ini tidak selalu berhasil pada semua anak. Kalau latihan seperti ini dilakukan sebagai pembelajaran secara bertahap maka anak akan menyadari dan memahami sedikit demi sedikit tanpa ada suatu tekanan yang berarti baginya.

Ketika seorang anak merasa penuh dan ingin buang air pada sebagian anak suka memberitahukan hal tersebut kepada mamanya tidak secara langsung, tapi dengan gerakan tangan seperti menarik baju mamanya untuk memberitahu bahwa dirinya ingin ke kamar kecil, atau menunjuk kamar kecil dan lainnya, namun ada juga yang langsung pergi atau berlari ke kamar kecil.

Kemampuan anak untuk menguasai diri ketika hendak buang air secara umum selaras dengan pertumbuhannya, hal ini karena pengaruh pengusaan otot-ototnya menampung kemih yang ada dikantung kemihnya. Anak yang sudah berumur 6 tahun dan sudah menguasai otot-ototnya untuk dapat menampung air kemih lebih lama sehingga ia bisa menahannya sambil ia pergi ke kamar kecil. Anak-anak dinawah umur 6 tahun masih harus belajar menahan buang air, terkadang ia baru menyadari bahwa dirinya harus ke kamar kecil pasa saat celananya sudah basah, hal ini terjadi karena ia belum dapat menguasai otot-otot kantung kemihnya.

Penguasaan buang air kecil lebih sulit dibanding dengan penguasaan anak ketika buang air besar. Untuk masalah buang air besar, anak kecil sudah dapat menyadari dan memberitahukan keadaan tersebut kepada mamanya. Namun untuk menahan buang air kecil kadang anak yang sudah besar pun belum dapat menanganinya terutama ketika mereka tidur. Pengusaan buang air kecil pada anak dimalam hari ketika mereka tidur dapat diatasi ketika mereka sudah bisa mengatasi hal tersebut pada siang hari ketika mereka pada keadaan terjaga atau menyadari hal tersebut.

Beberapa ahli psikologi mengatakan bahwa buang air kecil pada anak secara tidak tertahankan dalam arti anak akan menyadari hal itu ketika celananya sudah basah bisa diakibatkan oleh tekanan jiwa yang sedang mereka alami, sehingga mereka tidak dapat menguasai dirinya dalam hal menahan buang air, atau ada kasus seperti ini malah disengaja oleh anak untuk memberikan penentangan kepada orang tua mereka seperti yang terjadi pada anak-anak yang membandel karena satu dan lain sebab.

Dalam Melatih Anak Kecil Menggunakan Kamar Kecil, keberhasilan anak menguasai dirinya untuk dapat buang air di kamar kecil menunjukan bahwa ia telah mencapai kemajuan dalam perkembangannya. Hal ini dapat dicapai berkat kerjasama antara anak dan orang tuanya yang dapat memberikan rasa percaya diri pada anak bahwa mereka mampu mencapainya dan hal ini akan memberi dorongan semangat kepada anak untuk bisa berhasil dalam bidang lainnya.

Related Posts

Cara Mengatasi Anak Yang Rewel Saat Makan

Cara Mengatasi Anak Yang Rewel Saat Makan

Anak yang makannya rewel itu hal yang normal, mulai dari tidak menyukai rasanya, bentuk, warna, atau tekstur makanan tertentu. Juga normal bagi anak-anak untuk menyukai suatu makanan…

Dunia Mama

Resep Makanan Anak/Bayi Sehat

Hai Mama! Bayi usia 6 bulan sudah saatnya diberikan makanan tambahan selain ASI (MP ASI). Namun sebagian orang tua terkadang masih mengalami kesulitan bagaimana resep cara membuat…

Dunia Mama

Perilaku Bayi Yang Baru Lahir

Hai Mama! Bayi yang baru lahir, setelah persalinan biasanya diberi rangsangan untuk menghisap air susu ibu, hal ini bermanfaat untuk membantunya dapat menerima rangsangan dari lingkungan luar….

Dunia Mama

Perbedaan Perilaku Bayi Dengan Anak

Hai Mama! Bayi yang baru lahir mempunyai perilaku yang berbeda atau hampir bertolak belakang dengan anak berumur 1 tahun. Bayi yang baru lahir sampai usia beberapa minggu…

Dunia Mama

Penyebab dan Gejala Gangguan Perilaku pada Anak

Hai Mama! Semua anak-anak bisa nakal, menantang dan impulsif pada suatu waktu. Akan tetapi, pada sebagian anak memiliki kecenderungan perilaku sangat sulit dan menantang yang berada di…

Dunia Mama

Pemberian Vitamin Pada Anak Yang Susah Makan

Hai Mama! Pemberian Vitamin Pada Anak Yang Susah Makan merupakan langkah yang tepat, agar anak tidak kekurangan vitamin di masa pertumbuhannya. Hal ini karena banyak orang tua…

Leave a Reply

Your email address will not be published.