Manfaat Luar Biasa dari Bawang Bombai Bagi Kesehatan

Hai Mama!

Banyak yang memilih untuk mengkomsumsi apel sebagai menu tambahan kesehatan biar jarang ke rumah sakit dan jarang ke dokter. Ibarat pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati itulah gambaran gaya hidup sehat melalui pola makan buah segar semisal apel. Apel tentunya mempunyai manfaat, tapi jangalah salah kaprah ternyata bawang bombai juga memiliki khasiat yang begitu luar biasa bagi kesehatan. Dengan Manfaat Bawang Bombai bagi Kesehatan yang begitu banyak, tak pelak jika Mama dapat menggunakannya sebagai media pegobatan murah meriah di rumah.

Tanaman bawang bombai termasuk kedalam genus allium. Bawang bombai begitu kaya akan kandungan sulfur yang membuat bawang bombai berbau khas. Namun tak hanya itu, karena kandungan tersebut bawang bombai memiliki banyak potensi bagi dunia kesehatan.

Kandungan Yang Terdapat Pada Bawang Bombai

Bawang bombai memiliki kandungan yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Kandungan tersebut diantaranya adalah Vitamin C serta B6, asam folat, potassium, serta zat besi. Kandungan tersebut membuat bawang bombai tidak masuk kedalam kategori makanan yang rendah nutrisi. Selain kandungan itu, bawang bombai memiliki kandungan kimiawi phytochemicals yang menarik bagi peneliti termasuk diantaranya juga  adalah flavonoid quercetin dan allyl disulphide.

Hingga sekarang, khasiat bawang bombai telah memberikan manfaat luar biasa bagi dunia kesehatan. Bawang bombai memiliki khasit sebagai anti alergi, anti histaminic, anti inflamasi, serta anti oksidant. Dengam begitu kaya manfaat bawang bombai, maka Mama jangan pernah meremehkan menu makanan dengan komposisi bawang bombai. Berikut pemaparan penelitian kesehatan tentang khasiat bawang bombai

Bawang bombai adalah tanaman yang kaya kandungan Polyphenol. Polyphenol adalah semacam senyawa tanaman yang memiliki manfaat yang begitu luar biasa bagi kesehatan. Polyphenol dikenal di dunia kesehatan karena khasiatnya dalam pencegahan penyakit, anti oksidan, serta anti penuaan. Jadi sangat direkomendasikan buat para Mama yang ingin tetap cantik serta awet muda. Bahkan kandungan polyphenol pada bawang bombai jauh lebih tinggi daripada bawang putih, daun bawang, tomat, wortel, serta cabe jenis red bell pepper.

Kandungan khusus flavonoid polifenol (disebut quercetin) yang sangat kaya dimiliki bawang bombai. Kegunaan dari quercetin adalah sebagai pencegah serta antioksidan terbentuknya histamin penyebab alergi.   Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh badan makanan sehat dunia. Badan tersebut menjelaskan penelitian mereka bahwa kandungan quercetin yang dimiliki bawang bombai jauh lebih banyak daripada beberapa jenis sayuran. Karena hal tersebut bawang bombai dijadikan 10 jenis sayuran di dunia yang sangat tinggi kandungan quercetin. Atas dasar tersebut maka bawang bombai dapat dijadikan makanan alami anti-histamin (pemicu alergi).

Quercetin juga tersedia dalam bentuk suplemen, untuk beberapa alasan mengkomsumsinya secara alami melalui bawang bombai jauh lebih baik. Hal ini didasarkan pada sebuah penelitian yang dilakukan pada binatang. Penelitian memperlihatkan bahwa binatang yang mendapatkan asupan alami quercetin melalui bawang bombai kuning jauh lebih kuat melawan stres oksidatif daripada binatang yang hanya mendapatkan suplemen quercetin. Jadi atas dasar itulah mengkomsumsi quercetin alami jauh lebh baik.

Patut diketahui, kandungan senyawa ajaib quercetin tidak akan terdegradasi saat memasak di air mendidih. Saat Mama memasak sup dan mencampurkan bumbu bawang bombai pada sup— kandungan quercetin justru akan ditransfer kedalam kuah tersebut. Hal inilah yang menjadi dasar mengapa bawang bombai dapat dijadikan sebagai makanan superfood yang dapat diolah tanpa menghancurkan kandungan yang bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat Bawang Bombai

Ada banyak manfaat yang didapatkan dari bawang bombai. Bawang bombai bermanfaat bagi tulang, saluran pencernaaan, pencegahan diabetes, dan masih banyak lagi.

Bawang bombai sebaiknya telah menjadi menu wajib yang disediakan bagi keluarga besar Mama. Alasan mengapa bawang bombai banyak memiliki manfaat bagi kesehatan menyeluruh Mama  karena bawang bombai mengandung banyak fitokimia yang bermanfaat. Fitokimia dalam bawang bombai itulah memberikan manfaat besar bagi kesehatan tubu. Para peneliti telah menyimpulkan Manfaat Bawang Bombai bagi Kesehatan yang luar biasa seperti tertera di bawah ini :

1).Mencegah terjadinya proses inflamasi yang berkaitan erat terhadap penyakit asma.

2). Mengurangi gejala-gejala yang berkaitan dengan penyakit osteoporosis serta membantu peningkatan kesehatan tulang.

3). Mengurangi resiko terkena penyakit neurodegenerative disorder

4). Membantu peningkatan flora dalam usus, serta peningkatan kalsium serta magnesiu karena kandungan fruktan pada bawan bombai.

5). Mengurangi gejela yang berkenaan dengan penyakit diabetes.

6). Menjaga kesehatan pada pencernaan dengan memelihara kehidupan bakteri baik di usus

7). Menurunkan resiko terbentuknya katarak.

8). Anti-bakteri serta anti-jamur.

9). Mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida (lemak dalam darah)

10). Dapat mengurangi replikasi virus HIV

11). Karena sifat bawang bombai yang anti mikroba dapat mengurangi tingkat penyakit akibat komsumsi makanan

12). Mengurangi resiko kanker tertentu.

Demikianlah pemaparan jelas Manfaat Bawang Bombai bagi Kesehatan, kiranya Mama tak ragu lagi untuk mengkomsumsinya untuk mendapat manfaatnya. Oya bawang bombai sendiri memiliki banyak tipe seperti bawang bombai putih, kuning, ataupun merah. Ketiganya memiliki khasiat yang sama seperti yang telah diutarakan diatas.

Related Posts

14 Makanan Yang Dapat Mengatasi Masalah Tidur Mama

14 Makanan Yang Dapat Mengatasi Masalah Tidur Mama

Hai Mama, Sebanyak 35% orang dewasa mengalami masalah tidur, mendapatkan tidur yang cukup tentu akan menguntungkan diri kita, mulai dari suasana hati hingga sistem kekebalan tubuh mama,…

Tips Segar Dan Bugar di Pagi Hari

Tips Segar Dan Bugar di Pagi Hari

Hai Mama, Walaupun tidur lebih awal pada malam hari dan bangun cenderung lebih siang, tetapi Mama selalu merasakan kondisi bangun tidur masih dalam keadaan lemas, lesu, dan…

Terapi Aneka Jus Buah untuk Rematik

Terapi Aneka Jus Buah untuk Rematik

Hai Mama, Apakah Mama salah satu penderita rematik dari jutaan orang didunia? Rematik merupakan penyakit yang sering diderita hampir semua orang dewasa di seluruh dunia. Penyakit rematik…

Tips Diet Aman Untuk Mama Yang Sedang Menyusui

Tips Diet Aman Untuk Mama Yang Sedang Menyusui

Hai Mama, Banyak ibu menyusui bertanya-tanya apakah makanan yang mereka makan akan mempengaruhi ASI mereka. Mungkin Anda bertanya-tanya apakah perlu menghindari makanan tertentu untuk mencegah masalah pencernaan…

Pengertian dan Fungsi Protein yang Perlu Mama Ketahui

Pengertian dan Fungsi Protein yang Perlu Mama Ketahui

Hai Mama, Seperti halnya lemak dan karbohidrat, protein merupakan sumber energi utama yang sangat vital bagi tubuh. Sebagai salah satu jenis nutrisi, protein adalah senyawa organic kompleks…

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan

Hai Mama! Mentimun atau yang juga biasa disebut dengan timun merupakan buah yang dihasilkan oleh tanaman merambat yang memiliki nama ilmiah Cucumis Sativus L. Buah yang banyak…

Leave a Reply

Your email address will not be published.