Gangguan Kecemasan Yang Terjadi Saat Kehamilan

Hai Mama,

Kecemasan seperti perasaan tidak nyaman, khawatir atau takut, sangatlah mengganggu. Setiap orang terkadang merasa cemas, tetapi beberapa orang merasa sulit untuk mengendalikan kekhawatiran mereka. Beberapa orang dengan kecemasan juga mengalami panik yang bisa sangat menakutkan.

Beberapa ibu hamil merasa tertekan atau bersalah karena merasa cemas atau panik ketika semua orang mengharapkan mereka bahagia. Kecemasan merupakan kondisi kesehatan mental dan bukan sebuah tanda kelemahan seorang manusia, atau bisa dibilang itu adalah sesuatu yang akan hilang dengan sendirinya atau diri mama sendiri yang harus “menghilangkannya”.

Apa yang menyebabkan mama cemas selama kehamilan?

Kecemasan saat sedang mengandung bersifat universal, artinya ada banyak penyebabnya, seperti perubahan hormonal kehamilan, pernah keguguran, dan kesulitan tidur, semuanya dapat menyebabkan kecemasan bagi calon ibu. Mama mungkin khawatir tentang bagaimana kehamilan mama akan memengaruhi hubungan mama dengan teman atau anggota keluarga, masa depan mama, atau kebutuhan keuangan anggota keluarga yang bertambah. Semua kekhawatiran ini adalah hal yang normal.

Seberapa umumkah kecemasan dalam kehamilan?

Kecemasan saat kehamilan sangatlah umum. Lebih dari 3 dari 10 wanita hamil pernah mengalaminya. Jangan merasa sedih karena mama tidak mampu mengatasinya.

Kehamilan bisa menjadi pengalaman yang sangat emosional dan terkadang sulit untuk mengetahui apakah perasaan mama dapat dikendalikan. Percayalah pada diri mama. Mama adalah hakim terbaik yang menentukan perasaan mama. Jika mama merasa sangat cemas atau mengalami panik berlebihan selama kehamilan, segeralah untuk meminta bantuan.

Hal Yang Dapat Menyebabkan Kecemasan

Siapa pun dapat mengalami kecemasan, tetapi kemungkinan mama memiliki kecemasan akan lebih besar jika mama memiliki :

  • Riwayat keluarga yang memiliki serangan panik
  • Kecemasan terhadap sesuatu di masa lalu
  • Pernah mengalami trauma menakutkan
  • Menggunakan beberapa obat-obatan terlarang
  • Depresi
  • Penyakit Kronik
  • Sering berada di bawah tekanan berlebihan karena hal-hal yang berhubungan dengan masalah keluarga.

Apakah kecemasan akan mempengaruhi bayi saya?

Kekhawatiran tentang apakah kecemasan atau stres akan memengaruhi bayi mama nantinya itu sangatlah bisa dimengerti, tetapi hal itu juga dapat menciptakan situasi yang buruk terhadap mama. Mama mungkin merasa cemas selama kehamilan mama, kemudian pikiran itu akan memunculkan kekhawatiran apakah kecemasan mama akan mempengaruhi bayi mama sehingga membuat mama jauh lebih cemas lagi.

Saat mama merasa cemas berlebihan, tubuh mama akan memproduksi hormon stres bernama kortisol. Jika jumlah kortisol meningkat, pembuluh darah di dalam tubuh mama akan menyempit, menyempitnya pembuluh darah akan menyebabkan aliran darah yang membawa pasokan oksigen akan berkurang. Hal ini akan mengganggu tumbuh kembang si kecil. Jadi cobalah untuk fokus meminta bantuan dan menemukan cara untuk mengelola kecemasan mama.

Yakinlah bahwa mama melakukan semua yang mama bisa untuk merawat bayi mama.

Hal yang harus mama lakukan jika mama mengalami kecemasan sewaktu masa kehamilan.

Bicaralah dengan bidan atau dokter mama jika mama mengalami hal berikut :

  • Merasa cemas hampir sepanjang hari selama lebih dari dua minggu
  • Memiliki kecemasan yang membuat mama merasa sakit secara fisik dengan detak jantung yang cepat, napas tersenggal-senggal, berkeringat, merasa ingin pingsan, merasa sakit dan diare
  • Mengalami serangan panik
  • Memiliki pikiran tidak menyenangkan yang terus datang kembali dan mama tidak dapat mengendalikannya.
  • Melakukan hal yang sama berulang-ulang agar merasa lebih baik
  • Sangat takut untuk melahirkan sehingga mama tidak ingin menjalaninya
  • Mama sangat takut dengan tes darah sehingga mama menghindarinya

Beri tahu bidan atau dokter umum mama jika mama pernah mengalami kecemasan sebelumnya bahkan jika mama tidak merasa cemas saat ini. Semakin banyak mereka tahu tentang riwayat kesehatan mental mama, semakin baik mereka dapat mendukung mama selama masa kehamilan mama.

Bidan atau dokter tidak akan mengkritik atau menghakimi mama terkait perasaan mama. Mereka tahu ini terjadi pada banyak ibu hamil, dan mereka akan fokus untuk menemukan perawatan yang tepat untuk membantu mama pulih sedia kala.

Jika mama merasa kecemasan mama sulit untuk dibicarakan, mama dapat menuliskan perasaan mama sebelum melakukan janji dengan dokter atau ajalaklah seseorang yang paling mama percayai untuk menemani mama.

Bagaimana Cara Menangani Kecemasan Saat Kehamilan?

  • Bicaralah dengan seseorang yang mama paling percayai, seperti suami, keluarga, atau teman mama tentang perasaan mama yang rasakan, dengan melepas semua perasaan yang mengganjal akan meringankan perasaan mama sehingga otot akan menjadi lebih rileks.
  • Cobalah untuk tidak merasa bersalah atau malu. Perasaan itu bukanlah salah mama.
  • Latihan atau aktivitas fisik secara teratur.  Berolahraga dapat membantu mama mengurangi rasa cemas selama kehamilan. Lakukan olahraga ringan seperti jalan santai selama 10 menit atau yoga hamil. Namun konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter mama jika mama memiliki kemungkinan kelahiran prematur atau masalah kehamilan lainnya.
  • Hindari kafein. Selama mengandung, mama mungkin merasa sangat sensitif terhadap kafein karena tubuh perlu waktu lebih lama untuk mengeluarkannya dari tubuh mama daripada saat mama sedang tidak hamil. Ini juga bisa membuat mama merasa mual atau pusing ketika mama mengonsumsi kafein selama mengandung.
  • Makan dengan baik dan teratur.
  • Hindari merokok dan minum alkohol. Ini dapat membahayakan mama dan janin mama.
  • Cobalah belajar tentang teknik relaksasi sederhana seperti pernapasan dalam, dan meditasi lalu latih secara teratur.
  • Utamakan diri mama terlebih dahulu. Tahukah mama mengapa seorang pramugari memberi tahu mama untuk mengenakan masker oksigen mama terlebih dahulu sebelum membantu orang lain dengan masker mereka jika terjadi turbelensi? Stress dan kecemasan memiliki prinsip yang sama. Jika mama tidak segera membantu diri mama sendiri, sang buah hati juga akan ikut merasakan dampak dari kecemasan mama. Bersantai, melakukan hobi atau sesuatu yang mama suka, memanjakan diri mama dengan makan-makanan lezat, selalu berpikiran positif akan menyegarkan jiwa dan semangat mama.

Jika kecemasan masih tidak kunjung menghilang.

Buatlah janji dengan bidan atau dokter umum, mereka akan mendiskusikan dengan mama tentang semua pro dan kontra dari setiap perawatan. Apa yang terbaik untuk mama bergantung pada hal-hal seperti berikut :

  • Seberapa buruk gejala mama
  • Apa yang meringankan perasaan mama di masa lalu disaat mama pernah cemas
  • Layanan jenis apa yang tersedia di daerah mama.

Jika mama memerlukan bantuan lebih lanjut, mama mungkin akan dirujuk ke tim kesehatan mental spesialis khusus wanita hamil. Mama juga akan ditawari terapi seperti terapi perilaku kognitif, terapi mindfulness untuk mengurangi stres, dan relaksasi terapan dengan terapis profesional. Mama mungkin juga ditawari obat-obatan, seperti antidepresan.

Kehamilan bisa menjadi masa yang sangat menegangkan, terutama di masa pandemi seperti ini. Tetapi mama tidak sendirian, karena sekarang banyak bantuan tersedia di sekitar kita.

Jika mama merasa cemas, bicarakanlah dengan bidan atau dokter mama tentang gejala mama.

Related Posts

Menu Makan Sehat Saat Mengandung Untuk Mama dan Si Kecil

Menu Makan Sehat Saat Mengandung Untuk Mama dan Si Kecil

Hai Mama, Mama sedang hamil?, dan lapar? Bingung dengan makanan sehat yang akan membuat perut dan bayi mama puas? Mama pasti sering mendengarnya ‘Makan makanan bergizi saat…

Gejala Baby Blues Saat Sedang Mengandung Yang Perlu Diperhatikan

Gejala Baby Blues Saat Sedang Mengandung Yang Perlu Diperhatikan

Hai Mama, Satu dari tujuh ibu hamil mengalami depresi saat sedang mengandung, atau yang dikenal sebagai depresi antepartum, sementara satu dari delapan mengalami ibu mengalami depresi setelah…

5 Kegiatan Seru Yang Bisa Mama Lakukan Sebelum Mama Melahirkan

5 Kegiatan Seru Yang Bisa Mama Lakukan Sebelum Mama Melahirkan

Hai Mama, Sebelum kita mulai, selamat atas kehamilan mama!. Sebelum hidup berputar 360 derajat, saatnya mama bersenang-senang!. Tapi bukan berarti kehidupan setelah memiliki bayi tidak menyenangkan, jika…

Benar Ga Sih Ada Cara Untuk Mendapat Anak Kembar Berikut Juga Cara Meningkatkan Kemungkinan Hamil kembar!

Benar Ga Sih Ada Cara Untuk Mendapat Anak Kembar? Berikut Juga Cara Meningkatkan Kemungkinan Hamil Kembar!

Hai Mama, Di masa lalu bahkan hingga sampai saat ini kita masih sering mendengar mitos tentang bagaimana cara kita untuk mendapatkan bayi kembar. Meskipun di mata ilmu…

5 Tips Kehamilan Pertama Yang Penting Yang Harus Mama Harus Mama Tahu

5 Tips Kehamilan Pertama Yang Penting Yang Harus Mama Tahu

Menjadi mama pertama kali terkadang bisa terasa luar biasa dan menakutkan disaat yang sama. Seperti yang mungkin dianggap tabu oleh sebagian orang. Kehamilan yang baru dan tekanan…

8 Barang Penting yang Mama Perlu Persiapkan Pasca melahirkan

8 Barang Penting yang Mama Perlu Persiapkan Pasca Melahirkan

Hai Mama Ada banyak hal yang perlu diperhatikan sewaktu melewati masa pasca melahirkan. Tentu mama sekarang memiliki bayi untuk dirawat, tetapi mama juga harus membutuhkan perawatan lho….

Leave a Reply

Your email address will not be published.