Cara Pintar Mengatasi Anak yang Keras Kepala dan Suka Melawan

Hai Mama!

Setiap anak pasti akan melewati masa keras kepala dan suka melawan, oleh karena itu penting bagi orangtua untuk mengetahui Cara Pintar Mengatasi Anak yang Keras Kepala dan Suka Melawan. Berikut adalah beberapa penyebab anak menjadi keras kepala dan suka melawan :

  • Anak meniru perbuatan orangtuanya yang juga keras kepala dan sering bertengkar.
  • Orangtua selalu memanjakan anaknya sehingga ketika keinginan anak tidak dikabulkan orangtuanya, maka ia akan protes dan melawan.
  • Tidak ada rasa pengertian antara orangtua dan anak.

Beberapa tips Cara Pintar Mengatasi Anak yang Keras Kepala dan Suka Melawan seperti :

Introspeksi diri.

Lihatlah dulu dalam diri kita sebagai orangtua, apakah kita memiliki hati yang keras, sukar dinasehati yang tentu secara tidak langsung bisa menular ke buah hati kita. Jika setiap hari sang anak melihat sikap dan tingkah laku orangtuanya yang buruk tentu anak anak menirunya.

Jangan jadi orangtua yang terlalu keras. Jadilah orangtua yang fleksibel, menyenangkan, penuh pengertian dan kasih sayang.

Perlu diketahui bagi orangtua, bahwa anak tidak memerlukan banyak hal. Mereka hanya menginginkan perhatian dan kasih sayang dari orangtua. Jika orangtua mampu memberikan kasih sayang dan perhatian yang cukup pada anak, maka hal ini bisa mengurangi kebutuhan anak pada materi.

Berikan anak waktu dan keleluasaan untuk menyalurkan hobinya.

Jadilah orangtua yang cerdas dan perhatian terhadap tingkah laku anak sehari hari. Perhatikan apa yang disenangi anak dan berikan anak beberapa peralatan dan perlengkapan untuk melakukan apa yang ia senangi. Ketika anak bisa menghabiskan waktunya dengan melakukan hobi yang ia senangi, maka anak bisa menyalurkan emosi mereka pada hal hal positif. Yang tentu akan mengurangi pengaruh negatif dari luar yang bisa membuat mereka gampang marah, sedih dan sifat sifat buruk lainnya.

Jadilah orang tua yang bijak.

Milikilah kepekaan terhadap anak. Berikan yang terbaik pada anak anda, bukan yang terbaik bagi orangtuanya. Jadilah orangtua yang mampu berkomunikasi dengan intens dan baik dengan anak agar tidak ada miskomunikasi. Luangkan waktu anda untuk bersama anak agar tercipta Quality Time dengan anak. Dengan seringnya anda menghabiskan waktu dengan anak maka orangtua dan anakpun akan semakin memahami satu dengan yang lain.

Tidak menasihati anak di muka umum.

Ketika anak melakukan kesalahan, ajak ia untuk berdua saja dengan anda di tempat yang rahasia dan nasihati dengan suara lembut.

Tidak Memaksa.

Tindakan mengajak lebih baik dibanding menyuruh. Karena ketika anda menyuruh anak, anda telah memaksa keinginan anda yang belum tentu sama dengan keinginan anak. Pandai pandailah memilih kata yang tepat untuk mengatakan atau meminta anak untuk melakukan sesuatu.

Demikian informasi mengenai Cara Pintar Mengatasi Anak yang Keras Kepala dan Suka Melawan. Semoga bisa menjadi referensi, dan menjadi solusi bagi Mama.

Related Posts

Cara Mengatasi Anak Yang Rewel Saat Makan

Cara Mengatasi Anak Yang Rewel Saat Makan

Anak yang makannya rewel itu hal yang normal, mulai dari tidak menyukai rasanya, bentuk, warna, atau tekstur makanan tertentu. Juga normal bagi anak-anak untuk menyukai suatu makanan…

Dunia Mama

Resep Makanan Anak/Bayi Sehat

Hai Mama! Bayi usia 6 bulan sudah saatnya diberikan makanan tambahan selain ASI (MP ASI). Namun sebagian orang tua terkadang masih mengalami kesulitan bagaimana resep cara membuat…

Dunia Mama

Perilaku Bayi Yang Baru Lahir

Hai Mama! Bayi yang baru lahir, setelah persalinan biasanya diberi rangsangan untuk menghisap air susu ibu, hal ini bermanfaat untuk membantunya dapat menerima rangsangan dari lingkungan luar….

Dunia Mama

Perbedaan Perilaku Bayi Dengan Anak

Hai Mama! Bayi yang baru lahir mempunyai perilaku yang berbeda atau hampir bertolak belakang dengan anak berumur 1 tahun. Bayi yang baru lahir sampai usia beberapa minggu…

Dunia Mama

Penyebab dan Gejala Gangguan Perilaku pada Anak

Hai Mama! Semua anak-anak bisa nakal, menantang dan impulsif pada suatu waktu. Akan tetapi, pada sebagian anak memiliki kecenderungan perilaku sangat sulit dan menantang yang berada di…

Dunia Mama

Pemberian Vitamin Pada Anak Yang Susah Makan

Hai Mama! Pemberian Vitamin Pada Anak Yang Susah Makan merupakan langkah yang tepat, agar anak tidak kekurangan vitamin di masa pertumbuhannya. Hal ini karena banyak orang tua…

Leave a Reply

Your email address will not be published.