Cara Melihat Gejala Gangguan Emosi Pada Anak

Hai mama! Gangguan Emosi Pada Anak merupakan perasaan atau emosi pada anak yang diakibatkan oleh suatu perasaan tidak senang, tidak puas, takut, merasa tertekan dan perasaan lainnya yang berhubungan dengan ketidakbahagiaan yang dialami anak karena sikap-sikap yang ia terima dan ia rasakan atau pengaruh-pengaruh lingkungan lainnya. Perasaan tidak senang anak terhadap sesuatu tersebut kalau dibiarkan akan menyebabkan gangguan emosi dan pada akhirnya akan berdampak pada perubahan-perubahan perilaku anak yang cenderung berlaku negatif, melawan perintah dan prilaku lainnya yang dianggap menyimpang dari perilaku anak yang normal.

Gangguan emosi terkadang sulit dilihat pada seorang anak terutama anak yang pendiam. Namun gangguan tersebut dapat dilihat dari gejala-gejalanya, diantaranya:

1. Tingkah laku agresif dan merusak

Tingkah laku anak ada saatnya agresif dan merusak, hal ini merupakan prilaku normal dari setiap anak, namun kalau perilaku agresif terjadi terus menerus setiap hari, dan biasanya didiringi tindakan perusakan merupakan gejala adanya Gangguan Emosi Pada Anak.

2. Berbohong

Anak yang berbohong dapat diteliti apakah ia sekali-kali berbohong atau sering berbohong, kalau ia berbohong sekali-kali hal ini biasanya diakibatkan karena fantasi anak yang belum bisa berfikir logis, anak sering menyatakan sesuatu kejadian namun dalam pikirannya terlintas berbagai fantasi sehingga yang ia katakan terkesan bohong karena bercampur fantasi tersebut. Hal ini normal untuk anak kecil yang belum bisa berfikir secara obyektif. Anak kadang berbohong karena takut, misalnya ia takut dimarahi sehingga ia terpaksa berbohong. Gejala yang berhubungan dengan gangguan emosi adalah bohong yang dilakukan anak secara terus-menerus, apa yang ia katakan selalu bohong, hal ini merupakan perilaku yang harus diteliti dengan cermat dan dicari penyebabnya.

3. Mencuri

Sama seperti anak yang berbohong, seorang anak kadang-kadang mencuri untuk membeli sesuatu yang ia inginkan namun tidak dibelikan oleh orang tuanya, atau ia mencuri untuk mencari perhatian orang tua, atau motif lainnya seperti mencuri atas desakan pihak lain misalnya temannya untuk membeli sesuatu, ia mencuri untuk menyenangkan hati teman-temannya atau karena takut dimarahi atau dikucilkan teman-temannya. Anak yang mencuri secara terus-menerus, dimana pun ia berada selalu mencuri, di rumah, di sekolah, di tempat perbelanjaan dan lainnya, merupakan gangguan emosi yang harus dicari penyebabnya dan segera diobati.

4. Kesulitan belajar

Anak-anak biasanya akan belajar sesuai perkembangannya. Anak-anak dilihat dari segi pembawaannya sangat giat belajar, misalnya belajar berdiri, kalau jatuh ia bangun lagi, jatuh lagi dan berdiri lagi, hal ini berlangsung terus menrerus dan ini menandakan seorang anak sangat giat belajar sebagai pembawaann atau tugas dari perkembangannya. Anak yang sulit belajar adakalanya karena harapan orang tua terlalu tinggi sehingga anak tidak dapat mencapai harapan tersebut, namun kesulitan belajar yang terus menerus merupakan gejala Gangguan Emosi Pada Anak, terkadang anak sengaja berbuat seperti itu karena dengan lambatnya ia menguasai suatu keterampilan ia akan sangat tergantung pada orang tuanya.

5. Amarah

Amarah yang dilancarkan anak ada yang keluar melalui kelakuan merusak, ada yang dilampiaskan dengan tangisan, kadang anak menangis sampai biru dan ada juga yang menangis sampai pingsan. Amarah merupakan sebuah Gangguan Emosi Pada Anak yang harus diatasi dengan pengertian yang baik dari ibunya. Anak-anak yang sedang marah dan melakukan perbuatan merusak, lalu ia dihukum karena perbuatannya, maka hukuman itu akan mengakibatkan gangguan emosi dalam bentuk yang lain.

Related Posts

Cara Mengatasi Anak Yang Rewel Saat Makan

Cara Mengatasi Anak Yang Rewel Saat Makan

Anak yang makannya rewel itu hal yang normal, mulai dari tidak menyukai rasanya, bentuk, warna, atau tekstur makanan tertentu. Juga normal bagi anak-anak untuk menyukai suatu makanan…

Dunia Mama

Resep Makanan Anak/Bayi Sehat

Hai Mama! Bayi usia 6 bulan sudah saatnya diberikan makanan tambahan selain ASI (MP ASI). Namun sebagian orang tua terkadang masih mengalami kesulitan bagaimana resep cara membuat…

Dunia Mama

Perilaku Bayi Yang Baru Lahir

Hai Mama! Bayi yang baru lahir, setelah persalinan biasanya diberi rangsangan untuk menghisap air susu ibu, hal ini bermanfaat untuk membantunya dapat menerima rangsangan dari lingkungan luar….

Dunia Mama

Perbedaan Perilaku Bayi Dengan Anak

Hai Mama! Bayi yang baru lahir mempunyai perilaku yang berbeda atau hampir bertolak belakang dengan anak berumur 1 tahun. Bayi yang baru lahir sampai usia beberapa minggu…

Dunia Mama

Penyebab dan Gejala Gangguan Perilaku pada Anak

Hai Mama! Semua anak-anak bisa nakal, menantang dan impulsif pada suatu waktu. Akan tetapi, pada sebagian anak memiliki kecenderungan perilaku sangat sulit dan menantang yang berada di…

Dunia Mama

Pemberian Vitamin Pada Anak Yang Susah Makan

Hai Mama! Pemberian Vitamin Pada Anak Yang Susah Makan merupakan langkah yang tepat, agar anak tidak kekurangan vitamin di masa pertumbuhannya. Hal ini karena banyak orang tua…

Leave a Reply

Your email address will not be published.