Benar Ga Sih Ada Cara Untuk Mendapat Anak Kembar? Berikut Juga Cara Meningkatkan Kemungkinan Hamil Kembar!

Hai Mama,

Di masa lalu bahkan hingga sampai saat ini kita masih sering mendengar mitos tentang bagaimana cara kita untuk mendapatkan bayi kembar. Meskipun di mata ilmu medis tidak ada cara satupun yang masih sepenuhnya belum terbukti untuk mendapatkan hamil anak kembar karena pembuahan yang menghasilkan bayi kembar terjadi disebabkan oleh dua sel telur yang terpisah yang lali dibuahi di dalam rahim atau satu sel telur yang dibuahi membelah embrio menjadi dua. Tapi walaupun tidak ada cara konkret untuk mendapatkan bayi kembar, masih ada faktor-faktor tertentu yang dapat membuat jenis kehamilan ini lebih mungkin untuk terjadi

Memiliki anak kembar sekarang lebih umum daripada di masa lalu. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), kelahiran anak kembar menginkat hampir dua kali lipat selama 40 tahun terakhir.

Seorang ibu memiliki peluang lebih tinggi untuk memiliki anak kembar jika dia hamil dengan bantuan perawatan kesuburan atau setidaknya berusia 35 tahun atau lebih. Di Amerika Serikat, berkat program kesuburan, kemungkinan untuk mendapat bayi kembar meningkat 33%

Kali ini, kami meneliti mengapa kehamilan kembar terjadi, seberapa umum mereka terjadi, dan faktor-faktor yang dapat membuatnya lebih mungkin terjadi. Kami juga menjelaskan apakah seseorang dapat meningkatkan peluang mereka untuk memiliki anak kembar.

Bagaimana kehamilan kembar bisa terjadi?

Bahkan seorang dokter tidak sepenuhnya memahami alasan mengapa kehamilan kembar terkadang terjadi. Namun, beberapa faktor dapat meningkatkan kemungkinan melahirkan anak kembar, di antaranya:

  • Usia sang ibu
  • Memiliki riwayat keluarga kembar
  • Menjalani perawatan kesuburan atau program hamil khusus

Konsepsi terjadi ketika sperma membuahi sel telur untuk membentuk embrio. Namun, jika ada dua sel telur yang ada di dalam rahim pada saat pembuahan atau telur yang dibuahi membelah menjadi dua embrio yang terpisah, seorang ibu bisa mengandung anak kembar.

Kehamilan kembar dibagi menjadi dua jenis :

Kembar identik : Jenis kehamilan ini terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi membelah menjadi dua embrio yang terpisah. Embrio ini adalah monozigot, yang berarti mereka memiliki gen yang sama. Seperti namanya, kembar identik adalah jenis kelamin yang sama satu sama lain dan terlihat sangat mirip.

Kembar nonidentik, atau fraternal : Jenis kehamilan ini terjadi ketika ada dua sel telur yang ada di dalam rahim pada saat pembuahan, dan sperma membuahi keduanya. Embrio ini disebut dizigotik, yang berarti bahwa mereka tidak memiliki gen yang identik atau sama dan mungkin bukan jenis kelamin yang sama.

Kembar fraternal umumnya terjadi setelah melakukan program hamil karena ahli kesehatan sering menempatkan dua embrio yang telah dibuahi ke dalam rahim wanita untuk meningkatkan peluang kehamilan yang sukses.

Seberapa umumkah kehamilan kembar?

Kehamilan kembar relatif jarang ditemui. Menurut American Society for Reproductive Medicine (ASRM), hanya sekitar satu dari 250 kehamilan yang menghasilkan anak kembar.

Namun, kelahiran anak kembar telah meningkat secara signifikan seiring dengan meningkatnya penggunaan perawatan kesuburan dan lebih banyaknya para ibu yang memilih untuk memiliki anak di usia yang lebih matang. Sejak tahun 1980, angka kelahiran anak kembar telah meningkat lebih dari 75 persen.

Seorang ibu lebih mungkin untuk memiliki kembar fraternal daripada kembar identik. Kembar identik hanya terjadi sekitar sepertiga dari kehamilan ganda.

Lalu apa yang meningkatkan kemungkinan untuk hamil kembar?

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan kemungkinan seorang ibu dapat hamil anak kembar. Di antara :

  • Sejarah Keluarga.

Seorang ibu memiliki peluang sedikit lebih tinggi untuk memiliki anak kembar jika dia memiliki riwayat keluarga kembar. Riwayat keluarga kembar di pihak ibu meningkatkan kemungkinan ini lebih dari riwayat keluarga di pihak ayah. Contoh : Mama atau saudara mama adalah seorang anak yang memiliki saudara kembar. Namun, tentu ini hanya berlaku jika pembuahan terjadi tanpa menggunakan perawatan kesuburan.

Menurut ASRM, ibu yang merupakan kembar nonidentik menghasilkan anak kembar sekitar 1 banding 60 setiap kelahiran. Untuk pria yang kembar nonidentik, peluang untuk membuahi sel telur kemungkinannya hanya 1 dari setiap 125 kelahiran.

  • Perawatan Kesuburan. 

ASRM mencatat bahwa faktor utama yang meningkatkan kemungkinan memiliki anak kembar adalah penggunaan perawatan kesuburan. Berbagai jenis perawatan kesuburan yang tersedia dapat meningkatkan kemungkinan hamil kembar dengan cara yang berbeda.

Beberapa obat kesuburan bekerja dengan merangsang sel telur wanita, yang terkadang dapat menyebabkan mereka melepaskan lebih dari satu sel telur. Jika sperma membuahi kedua telur ini, ini bisa menghasilkan anak kembar.

  • IVY atau bayi tabung.

Fertilisasi in vitro (IVF) juga dapat meningkatkan kemungkinan hamil anak kembar.

Ahli kesehatan melakukan IVF dengan mengekstrak sel telur wanita dan membuahinya dengan sperma donor di laboratorium untuk menghasilkan embrio. Mereka kemudian mentransfer embrio yang telah dibuahi ke dalam rahim wanita.

Untuk meningkatkan kemungkinan sukses, para ahli menempatkan lebih dari satu embrio ke dalam rahim. Hamil kembar dapat terjadi jika kedua embrio ditanamkan dan berkembang dengan sukses.

Kehamilan ganda pasti juga membawa risiko lebih, sehingga para ahli biasanya akan membatasi jumlah embrio yang mereka transfer ke rahim wanita untuk mengurangi kemungkinan kehamilan dengan kembra dua, kembar tiga, atau lebih.

  • Usia

Wanita yang berusia 30 tahun ke atas lebih mungkin untuk hamil anak kembar. Alasannya adalah bahwa wanita pada usia ini lebih mungkin daripada wanita yang lebih muda untuk melepaskan lebih dari satu sel telur selama siklus reproduksi mereka. Jika sperma membuahi dua sel telur yang terpisah, kehamilan kembar dapat terjadi.

Meningkatkan kemungkinan anak kembar

Ada banyak klaim yang belum terbukti tentang bagaimana meningkatkan kemungkinan hamil anak kembar. Beberapa orang menyarankan menggunakan terapi alternatif tertentu, tetapi tidak ada bukti ilmiah yang mendukung metode ini.

Perawatan kesuburan, khususnya IVF dan stimulan ovarium, memang meningkatkan kemungkinan memiliki anak kembar. Namun, ini sangat tidak disarankan, karena jauh lebih berisiko bagi wanita dan janin yang sedang berkembang. Untuk alasan ini, beberapa klinik kesuburan menyarankan untuk tidak menanamkan banyak embrio selama perawatan IVF.

CDC merekomendasikan agar wanita yang lebih muda yang menjalani perawatan kesuburan pertama mereka hanya dengan satu embrio untuk dipindahkan ke rahim mereka.

Singkatnya :

Meskipun faktor-faktor tertentu dapat meningkatkan kemungkinan memiliki anak kembar, tapi tidak ada cara satupun untuk meningkatkan kemungkinan memiliki anak kembar secara alami. Seorang ibu biasanya akan mengetahui bahwa dia hamil anak kembar dari USG di awal kehamilan.

Lakukan konsultasi dengan dokter mama secara teratur akan meningkatkan kemungkinan kehamilan yang sukses dan sehat.

Related Posts

Gangguan Kecemasan Yang Terjadi Saat Kehamilan

Gangguan Kecemasan Yang Terjadi Saat Kehamilan

Hai Mama, Kecemasan seperti perasaan tidak nyaman, khawatir atau takut, sangatlah mengganggu. Setiap orang terkadang merasa cemas, tetapi beberapa orang merasa sulit untuk mengendalikan kekhawatiran mereka. Beberapa…

Menu Makan Sehat Saat Mengandung Untuk Mama dan Si Kecil

Menu Makan Sehat Saat Mengandung Untuk Mama dan Si Kecil

Hai Mama, Mama sedang hamil?, dan lapar? Bingung dengan makanan sehat yang akan membuat perut dan bayi mama puas? Mama pasti sering mendengarnya ‘Makan makanan bergizi saat…

Gejala Baby Blues Saat Sedang Mengandung Yang Perlu Diperhatikan

Gejala Baby Blues Saat Sedang Mengandung Yang Perlu Diperhatikan

Hai Mama, Satu dari tujuh ibu hamil mengalami depresi saat sedang mengandung, atau yang dikenal sebagai depresi antepartum, sementara satu dari delapan mengalami ibu mengalami depresi setelah…

5 Kegiatan Seru Yang Bisa Mama Lakukan Sebelum Mama Melahirkan

5 Kegiatan Seru Yang Bisa Mama Lakukan Sebelum Mama Melahirkan

Hai Mama, Sebelum kita mulai, selamat atas kehamilan mama!. Sebelum hidup berputar 360 derajat, saatnya mama bersenang-senang!. Tapi bukan berarti kehidupan setelah memiliki bayi tidak menyenangkan, jika…

5 Tips Kehamilan Pertama Yang Penting Yang Harus Mama Harus Mama Tahu

5 Tips Kehamilan Pertama Yang Penting Yang Harus Mama Tahu

Menjadi mama pertama kali terkadang bisa terasa luar biasa dan menakutkan disaat yang sama. Seperti yang mungkin dianggap tabu oleh sebagian orang. Kehamilan yang baru dan tekanan…

8 Barang Penting yang Mama Perlu Persiapkan Pasca melahirkan

8 Barang Penting yang Mama Perlu Persiapkan Pasca Melahirkan

Hai Mama Ada banyak hal yang perlu diperhatikan sewaktu melewati masa pasca melahirkan. Tentu mama sekarang memiliki bayi untuk dirawat, tetapi mama juga harus membutuhkan perawatan lho….

Leave a Reply

Your email address will not be published.