5 Tips Kehamilan Pertama Yang Penting Yang Harus Mama Tahu

Menjadi mama pertama kali terkadang bisa terasa luar biasa dan menakutkan disaat yang sama. Seperti yang mungkin dianggap tabu oleh sebagian orang. Kehamilan yang baru dan tekanan untuk memperhatikan segala tindakan mama apa-apa saja yang harus dilakukan dan apa saja yang tak boleh dilakukan saat menghadapi perut yang membesar membuat mama terkadang merasa terlalu berat untuk ditanggung. Di sisi lain, mengandung anak pertama mama, mengalami semua momen “pertama” itu, dan membuat serta memelihara ikatan yang tumbuh antara mama dan bayi mama yang belum lahir adalah sesuatu yang tidak mungkin dipahami orang lain, kecuali mama telah menjalaninya.

Melakukan tes dan memastikan kehamilan hanyalah langkah pertama menjadi orang tua, dan mungkin melakukan itu pertama kalinya akan terasa sangat menegangkan. Untuk membantu meringankan kekhawatiran dan pikiran mama yang berlebihan, kami telah membuat panduan kelangsungan hidup mama baru lewat tips kehamilan pertama yang praktis dan realistis untuk membantu mama baru melewati kekhawatiran dan ketakutan mereka untuk menggendong anak kecil mereka.

1. Istirahatkan Matamu

Membesarkan bayi dalam rahim itu sulit. Bertanggung jawab atas setiap bagian kecil dari proses perkembangan tubuh dan pikiran bayi memang melelahkan. Ketegangan fisik karena membawa anak mama yang belum lahir di dalam diri mama bisa melelahkan tubuh mama, terutama saat para mama menjalani trimester kehamilan mereka dengan perut yang semakin membesar dan berat badan ekstra. Sangat penting bagi mama hamil untuk mendapatkan istirahat yang cukup, yang dapat dan harus mencakup tidur siang sepanjang hari. Tidur pascamelahirkan seringkali bisa sangat mahal. Dibutuhkan waktu untuk membangun rutinitas yang baik untuk diri mama dan bayi mama, jadi istirahatlah sebanyak mungkin untuk membantu mama memiliki kehamilan yang sehat dan menyesuaikan diri dengan kehidupan sebagai mama baru.

2. H2O Berkualitas Tinggi

H2O Berkualitas Tinggi
H2O Berkualitas Tinggi

Menjaga diri mama untuk tetap terhidrasi itu sangat penting, apalagi saat mama mengandung bayi di dalam diri mama. Sangat penting bagi ibu untuk minum banyak air. Tidak hanya tubuh mama membutuhkannya untuk membantu bayi mama tumbuh dan berkembang, tetapi air juga membantu tubuh mama tetap sehat. Ibu hamil berisiko lebih tinggi mengalami kelelahan, kepanasan, dan dehidrasi, jadi menyimpan segelas atau botol air setiap saat adalah yang terpenting.

3. Buat Rencana Kelahiran

Memiliki rencana persalinan sangat penting untuk kehamilan pertama mama. Rencana ini tidak hanya membantu mempersiapkan mama untuk kedatangan buah hati mama, tetapi juga membantu tim medis untuk selalu memantau kesehatan mama serta mempersiapkan serangkaian instruksi untuk kelahiran terbaik dan paling aman untuk mama. Luangkan waktu mama untuk memetakan keinginan dan kebutuhan mama untuk kelahiran yang sukses.

4. Apa Pun Yang Mama Alami, Jangan Google itu

Kedengarannya seperti hal yang sepele, namun ketika mama sakit dari segala hal mulai dari mual di pagi hari hingga sembelit, pergi ke kamar kecil tanpa henti dan mulas yang tidak biasa, mencari gejala mama yang alami dan mencoba merubah tanggal melahirkan atau jadwal checkup ke dokter sangat tidak disarankan. Ini tidak hanya akan menyebabkan stres yang tidak perlu bagi mama dan bayi mama, tetapi juga dapat membebani kesehatan mental ibu hamil. Membesarkan anak dalam kandungan cukup sulit. Serahkan semua ke dokter. Gunakan google untuk mencari hal non medis saat mengandung.

5. Jangan Simpan Masalah Mama Sendirian

Sekarang ada banyak pilihan dan sumber informasi untuk mama baru yang menderita masalah kesehatan mental pascamelahirkan baik itu mama pemula maupun mama yang sudah berpengalaman. Sementara depresi pascamelahirkan dan masalah kesehatan mental lainnya terjadi setelah proses melahirkan, mempersiapkan rencana untuk mendiskusikan masalah ini dengan dokter atau konselor adalah langkah besar dalam mempersiapkan kedatangan si kecil. Hal Ini merupakan tindakan yang sangat membantu, semakin cepat dilakukan akan semakin baik pula.

Tekanan dan pengorbanan menjadi ibu baru terasa sangat besar, dan banyak ibu baru sering merasakan perasaan ini. Terkadang orang lain akan menilai kalau mama sekarang menjadi pilih-pilih, itu adalah bukan hal yang egois. Dan cara terbaik untuk mempersiapkan kelahiran anggota baru keluarga mama adalah dengan mempersiapkan dan menguasai peralatan untuk membantu si kecil sebaik mungkin. Sangat mudah untuk merasa tidak mampu dan tidak siap, itulah sebabnya kami merasa penting untuk membagikan tips ini kepada semua ibu baru, dan terutama yang baru pertama kali mengandun. Memiliki rencana, mengetahui apa yang diharapkan, berbicara dengan dokter mama, dan memiliki tim pendukung yang kuat dan mempersiapkan untuk jenis kelahiran yang ingin mama jalani hanyalah tip kecil dari segunung es informasi dalam hal menjadi orang tua. Kami berharap saran ini akan membantu mama untuk mempersiapkan hari paling menggembirakan dalam hidup mama.

Related Posts

Gangguan Kecemasan Yang Terjadi Saat Kehamilan

Gangguan Kecemasan Yang Terjadi Saat Kehamilan

Hai Mama, Kecemasan seperti perasaan tidak nyaman, khawatir atau takut, sangatlah mengganggu. Setiap orang terkadang merasa cemas, tetapi beberapa orang merasa sulit untuk mengendalikan kekhawatiran mereka. Beberapa…

Menu Makan Sehat Saat Mengandung Untuk Mama dan Si Kecil

Menu Makan Sehat Saat Mengandung Untuk Mama dan Si Kecil

Hai Mama, Mama sedang hamil?, dan lapar? Bingung dengan makanan sehat yang akan membuat perut dan bayi mama puas? Mama pasti sering mendengarnya ‘Makan makanan bergizi saat…

Gejala Baby Blues Saat Sedang Mengandung Yang Perlu Diperhatikan

Gejala Baby Blues Saat Sedang Mengandung Yang Perlu Diperhatikan

Hai Mama, Satu dari tujuh ibu hamil mengalami depresi saat sedang mengandung, atau yang dikenal sebagai depresi antepartum, sementara satu dari delapan mengalami ibu mengalami depresi setelah…

5 Kegiatan Seru Yang Bisa Mama Lakukan Sebelum Mama Melahirkan

5 Kegiatan Seru Yang Bisa Mama Lakukan Sebelum Mama Melahirkan

Hai Mama, Sebelum kita mulai, selamat atas kehamilan mama!. Sebelum hidup berputar 360 derajat, saatnya mama bersenang-senang!. Tapi bukan berarti kehidupan setelah memiliki bayi tidak menyenangkan, jika…

Benar Ga Sih Ada Cara Untuk Mendapat Anak Kembar Berikut Juga Cara Meningkatkan Kemungkinan Hamil kembar!

Benar Ga Sih Ada Cara Untuk Mendapat Anak Kembar? Berikut Juga Cara Meningkatkan Kemungkinan Hamil Kembar!

Hai Mama, Di masa lalu bahkan hingga sampai saat ini kita masih sering mendengar mitos tentang bagaimana cara kita untuk mendapatkan bayi kembar. Meskipun di mata ilmu…

8 Barang Penting yang Mama Perlu Persiapkan Pasca melahirkan

8 Barang Penting yang Mama Perlu Persiapkan Pasca Melahirkan

Hai Mama Ada banyak hal yang perlu diperhatikan sewaktu melewati masa pasca melahirkan. Tentu mama sekarang memiliki bayi untuk dirawat, tetapi mama juga harus membutuhkan perawatan lho….

Leave a Reply

Your email address will not be published.